Langsung ke konten utama

IOS dan Universal Windows Apps

Pada modul ini akan ditunjukan bagaimana cara menjalankan aplikasi Xamarin Forms anda pada platform IOS dan Windows 10 (Universal Windows Platform).

Menjalankan Xamarin Forms pada IOS Platform

Untuk dapat terkoneksi dengan komputer Mac, mengkompilasi kode, dan menjalankan aplikasi pada IOS simulator, anda harus terhubung dengan komputer Mac yang berada pada satu jaringan. Selain itu anda juga membutuhkan beberapa program yang harus sudah terinstal pada komputer Mac anda. Adapun requirement yang dibutuhkan untuk diinstal pada komputer Mac adalah sebagai berikut:
  •  Komputer Mac yang menjalankan OS X Yosemite (10.10) atau versi yang lebih tinggi.
  •  Xamarin Studio 5.10 atau versi yang lebih tinggi.
  •  Xamarin.iOS SDK.
  •  Apple’s Xcode(7+) IDE dan iOS SDK.
Anda dapat mendownload XCode pada link dibawah ini:

 

Pada modul ini saya akan menggunakan XCode versi 8.2.1. Setelah XCode terinstal, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstal Xamarin for Mac. Anda dapat mengunduh Xamarin for Mac pada link berikut ini: https://www.xamarin.com/download 

Untuk membuat aplikasi Xamarin Forms IOS ada dua alternatif cara pengembangan aplikasi yang dapat anda pilih. Yang paling mudah adalah anda langsung menggunakan komputer Mac dan menggunakan editor Xamarin Studio for Mac, cara ini lebih praktis dan mudah karena tidak perlu menggunakan lebih dari 1 komputer. 

Cara yang kedua adalah dengan tetap menggunakan komputer Windows dan IDE Visual Studio 2015. Cara ini dibutuhkan jika anda menginginkan mendeploy aplikasi anda tidak hanya pada platform Android dan IOS. Dengan menggunakan sistem operasi Windows 10, maka anda dapat mentarget platform yang lebih luas seperti Windows 8.1, Windows Phone, dan Windows 10 UWP (Universal Windows Platform).  

Menggunakan Xamarin Studio for Mac 

1. Buka editor Xamarin Studio for Mac. Kemudian pilih New Solution. Pada jendela New Solution pilih Multiplatform App - Xamarin Forms Form App

 

 
2. Pilih tombol Next, kemudian beri nama aplikasinya Modul6_1. Untuk informasi organization identifier anda dapat menambahkan nama namespace dari project anda secara bebas. Pada contoh ini saya memberi nama com.dicodingxamarin. Karena anda menggunakan komputer Mac maka target aplikasi yang dapat dibuat adalah aplikasi Android dan IOS. Anda tidak dapat mentarget aplikasi Windows jika menggunakan komputer Mac. 

 

3. Untuk pilihan Shared Code pilih Portable Class Library dan jangan lupa untuk mencentang pilihan “Use XAML for user interface files”, kemudian pilih tombol Next

 

4. Tentukan lokasi dimana anda akan menyimpan project anda pada komputer Mac. Kemudian tekan tombol Create untuk membuat solution baru. Tampilan IDE Xamarin Studio for Mac dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 

 

5. Pada solution diatas mempunyai 3 macam project yaitu Portable, Android, dan IOS. Klik kanan pada project IOS kemudian pilih “Set as startup project”. 
Untuk menjalankan project pada IOS simulator, pilih tombol Run. 
 

Maka akan IOS simulator akan dijalankan, dan project tersebut akan di deploy pada IOS simulator tersebut. Tampilan IOS simulator yang menjalankan project dapat dilihat pada gambar berikut. 
 


Mendeploy Aplikasi IOS pada Devices (IPhone atau IPad) 


Selain menggunakan simulator, anda juga dapat langsung mendeploy aplikasi IOS yang sudah kita buat pada Xamarin Forms ke devices.  
Untuk mendeploy aplikasi IOS ke device ada beberapa langkah yang harus dipenuhi. Urutan langkah tersebut dapat dilihat pada bagan dibawah ini: 

 

Membuat Development Certificate (Signing Identities) 

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah anda harus memiliki AppleID, jika belum anda dapat membuat AppleID terlebih dahulu. 

2. Buka Xcode, pilih Xcode Menu – Preferences
  

3. Kemudian pilih Account Tabs
 

4. Tambahkan AppleID kedalam menu Accounts. Kemudian pilih tombol “View Details”. 

5. Akan ditampilkan pilihan Signing Identities, pilih iOS Development, dan pilih tombol Create.  
 

6. Apple mungkin akan mengingatkan anda untuk menyetujui perubahan license agreement.
 

7. Log in ke dalam Apple Developer Center (https://developer.apple.com/) untuk menyetujui agreement yang baru. 
 

8. Untuk memastikan bahwa anda sudah berhasil membuat Signing Identity maka anda dapat membuka aplikasi Keychain Access pada komputer Mac anda. 
 
9. Pada daftar diatas dapat dilihat Certificate Signing Identity yang berhasil dibuat. 


Menambahkan Devices


Langkah selanjutnya adalah membuat provisioning profile dan entities yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan aplikasi pada iOS devices. Device yang akan digunakan juga harus memiliki versi OS yang kompatibel dengan versi XCode yang anda gunakan, jika berlainan maka anda harus mengupdate versi XCode dan OS pada Devices. 

Untuk membuat provisioning profile, anda harus mendaftarkan devices yang akan digunakan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini: 
1. Jalankan XCode 
2. Sambungkan device dengan menggunakan kabel USB 
3. Pilih Windows menu, kemudian pilih Devices
 

4. Anda dapat meilihat bahwa device anda sudah terhubung dengan XCode.  
 

5. Buat project baru pada XCode
 

6. Kemudian pilih Single View Application, dan pilih tombol Next
 

7. Tambahkan informasi nama project dan organization identifier. Pemberian nama ini akan menentukan nama namespacenya. Misal pada contoh dibawah ini nama namespacenya adalah com.actualsolusi.HelloXamarin
 

8. Pilih folder untuk menyimpan project XCode yang kita buat. 
 

9. Setelah project jadi maka XCode secara otomatis akan menggunakan Signing Identity yang sebelumnya sudah anda buat, kemudian membuat provisioning profile secara otomatis. 
 

10. Detail provisioning profilenya dapat dilihat pada gambar dibawah ini: 
 
11. Provisioning profile ini yang nanti akan kita gunakan pada project Xamarin Forms. 

Membuat Project Xamarin Forms. 


1. Buka tools Xamarin Studio, kemudian buat solution baru. Pilih Xamarin Forms App.
 

2. Beri nama project dan organization identifier sama dengan project XCode yang sudah kita buat sebelumnya. 
 

3. Pilih lokasi untuk menyimpan project Xamarin Forms yang anda buat. 
 

4. Pada project IOS buka file info.plist dan pastikan namespace nya sama dengan namespace project yang sudah anda buat di XCode. 
 

5. Klik kanan pada project HelloXamarin.IOS, kemudian pilih IOS Bundle Signing. Masukan Signing Identity dan Provisioning Profile sesuai dengan gambar dibawah ini. 
 

6. Untuk mencoba menjalankan aplikasi pada device, pilih target device (pada contoh berikut adalah Erick’s iPad). Kemudian tekan tombol Run untuk menjalankan aplikasi Xamarin Forms pada device. 
 
7. Jika berhasil maka aplikasi yang sudah kita buat akan terinstal di device seperti pada gambar berikut. 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Memilih Politeknik Caltex Riau?

Haloo.. sebelumnya saya sempat hiatus ngeblog (ngeblog??) karena belum bisa membagi waktu untuk menulis .  Teett  . Abaikan 😂 Dan akhirnya menulis lagi . Horeeee 🙌🙌  Sebelum kelupaan topik nih, tadi rencana mau ceritain alasan kenapa pilih PCR atau Politeknik Caltex Riau bukan ? Nahh.. saya mulai ya    Saya berasal dari SMA Swasta yang ada di kota Padangsidimpuan. SMA yang terkenal dengan grup yang jago basketnya  *bangga*. Namun belum pernah ada kegiatan sosialisasi tentang kampus ini ke sekolah saya (mulai dari sekolahnya dibangun), dan saya juga tidak tahu ada kampus ini 😖 Trus kok bisa dapat infonya ? Dari mana ? Nah ini yang perlu dibangun dari diri kita, budaya kepo *pstt yang positif ya*. Jadi infonya didapat dari bapak tata usaha tercinta *yeeeee* dengan bertanya, "pak kampus mana saja yang bagus ya ?" (sekedar info : tata usaha dan guru-guru jaman sekarang update mengenai passing grade dan akreditasi kampus-kampus atau universitas yang ada di Indonesia,

User Interface pada Xamarin Form

Application Lifecycle pada Xamarin Forms  Xamarin Forms mempunyai application lifecycle yang sederhana. Ada tiga method utama yang digunakan untuk menangani method lifecycle, ketiga proses tersebut adalah:  OnStart : method ini akan dipanggil ketika aplikasi pertama kali dijalankan.  OnSleep : method ini akan dipanggil setiap kali app berpindah ke mode background  OnResume : method ini akan dipanggil ketika app masuk ke mode resume setelah sebelumnya masuk ke mode background.  Ketika pengguna memilih tombol Back atau Home pada ponsel, maka aplikasi yang sedang aktif pada saat itu akan masuk ke mode background. Ketika pengguna memilih kembali aplikasi tersebut, maka app tersebut di resume dan app tersebut dibawa kembali ke mode foreground. Saat ketika aplikasi dijalankan pertama kali, saat app masuk ke mode background dan masuk ke mode foreground lagi, sampai app tersebut ditutup (terminate).  Xamarin Forms UI (User Interface)  Ada tiga komponen ut

SQL Lite dan REST Service

Pada modul ini akan dibahas bagaimana bekerja dengan media penyimpanan lokal berupa database yaitu SQL Lite untuk menyimpan persistance data pada perangkat Android. Modul ini juga akan membahas bagaimana cara untuk bekerja dengan REST Services pada aplikasi backend.   Bekerja dengan SQL Lite Pada subbab berikut akan dibahas bagaimana cara untuk menyimpan data secara lokal menggunakan database SQLite. Contoh aplikasi yang akan dibuat adalah aplikasi untuk menyimpan dan memanipulasi data Pegawai.  Practice #5.1 Membuat Aplikasi Daftar Pegawai dengan SQLite 1. Buat Xamarin Form solution dengan nama  SampleSQLite .   2. Kemudian tambahkan library  SQLite.Net-PCL  pada semua project agar dapat menggunakan SQLite.  3. Klik kanan pada  solution 'SampleSQLite' . Kemudian pilih  NuGET  package dan tambahkan paket  SQLite.Net-PCL  pada project portable, dan droid.    4. Pada project portable  SampleSQLite  tambahkan kode c# berikut untuk membuat ob