Langsung ke konten utama

Mengapa Memilih Politeknik Caltex Riau?

Haloo.. sebelumnya saya sempat hiatus ngeblog (ngeblog??) karena belum bisa membagi waktu untuk menulis . Teett . Abaikan 😂
Dan akhirnya menulis lagi . Horeeee 🙌🙌  Sebelum kelupaan topik nih, tadi rencana mau ceritain alasan kenapa pilih PCR atau Politeknik Caltex Riau bukan ? Nahh.. saya mulai ya

   Saya berasal dari SMA Swasta yang ada di kota Padangsidimpuan. SMA yang terkenal dengan grup yang jago basketnya  *bangga*. Namun belum pernah ada kegiatan sosialisasi tentang kampus ini ke sekolah saya (mulai dari sekolahnya dibangun), dan saya juga tidak tahu ada kampus ini 😖
Trus kok bisa dapat infonya ? Dari mana ? Nah ini yang perlu dibangun dari diri kita, budaya kepo *pstt yang positif ya*. Jadi infonya didapat dari bapak tata usaha tercinta *yeeeee* dengan bertanya, "pak kampus mana saja yang bagus ya ?" (sekedar info : tata usaha dan guru-guru jaman sekarang update mengenai passing grade dan akreditasi kampus-kampus atau universitas yang ada di Indonesia, jadi jangan sungkan bertanya karena jika malu bertanya, ya jalan-jalan deh huahahahha. Next) 

  Kebetulan di hari saya bertanya, di hari itu juga paket dari Politeknik Caltex Riau datang ke sekolah dan sudah dibaca oleh bapak tata usaha. Karena direkomendasikan oleh bapak tata usaha dan saya juga tertarik, saya bawa brosurnya beserta formulir pendaftarannya (ada 2 rangkap: 1 untuk pendaftaran sebagai mahasiswa baru, 1 untuk pendaftaran calon penerima beasiswa). Baca-baca brosurnya, websitenya, kepoin Page Facebooknya sampai saya tertarik tapi begitu melihat halaman biaya *muahaall 😌 untuk yang ekonominya cukuplah buat jajan pas hari sekolah, pas libur sekolah libur juga jajannya wkwkwk, iya standard* . Nah untung saya bawa juga formulir pendaftaran beasiswanya, siapa tahukan rejeki itu tidak kemana-mana, lumayan untuk meringankan biaya kuliah. Urus berkas-berkas yang diperlukan, tanda tangan ini itu, lampirkan surat keterangan ini itu lalu kirim via pos. Oh ! Sepertinya saya masih simpan brosurnya .. sebentar dicari dulu 

*1 jam kemudian*

Kabar buruk! Baru ingat brosurnya sudah dikasih ke orang lain ternyata 😑 , tapi saya masih menyimpan ini *sudah buluk 😁
Surat Pengumuman Hasil PSUD (Penjaringan Siswa Unggul Daerah) PCR

Apa sih istimewanya surat itu ? Nih istimewanya..
Surat lampiran Pengumuman Hasil PSUD PCR

Gue lolos vroh 🙌🙌 .. ehem, maksudnya saya lolos syarat administrasi dan mengikuti tes selanjutnya yaitu tes akademik untuk calon penerima beasiswa (karena sebelumnya saya mendaftarkan diri juga sebagai calon penerima beasiswa). Untuk mengikuti tes akademik tersebut, iya bener .. saya berangkat ke kampusnya. Dan tidak perlu khawatir setelah tiba disana, karena PCR menyediakan akomodasi yaitu berupa penginapan (tempatnya di dormitory kampus) untuk peserta yang berasal dari luar kota. First impression saat tiba di gerbang depan (sebutannya portal), "WAH !". Iya bener wah 😄 , lingkungan kampusnya asri, hijau *kampusnya engga warna hijau*, dan sesuai dengan slogannya Kampus yang ramah lingkungan (Pernah ke universitas lain yang isinya padat bangunan dan sedikit tanaman), tapi disini pertama kali melihat pohon bunga kertas yang dirawat rapi dan berwarna warni.

Pemandangan taman depan PCR
Balik ke tes. Sebelum tes dimulai, peserta terlebih dahulu berkumpul di Auditorium untuk sarapan dan nantinya akan ada pembagian jadwal untuk tes. Tes tersebut menggunakan CBT (Computer Based Test) yang tentunya lebih buat deg-degan *takut jari keseleo lalu salah pilih.. LOL*
    Setelah tes akademik selesai, maka peserta dikumpulkan ke Auditorium untuk makan siang. Nah, disaat seperti inilah kamu akan mendapat teman baru. Dari berbagai macam suku, agama, daerah, dan logat bahasanya. Dan jangan sungkan untuk menyapa duluan karena menambah teman itu rasanya menyenangkan ^.^
Tes selesai dan saya pun kembali sekolah seperti biasa. Jika saya lolos, maka staf PCR akan mengunjungi ke rumah atau disebut dengan tahap visitasi *ini tidak diberi kabar loh*, dan benar staf PCR datang ke rumah tanpa pemberitahuan terlebih dulu. Di tahap inilah yang akan menentukan apakah kamu layak sebagai penerima beasiswa atau bukan. Dan saya LULUS !! 😵

Kenapa memilih jurusan Sistem Informasi ?
Karena saya suka hal-hal yang berbau olah data dan programming, saat itu jurusan yang bisa diambil oleh jurusan saya (gue IPS.. Hidup IPS 🙌!!!) melalui jalur PSUD hanya 2, yaitu Akuntansi dan Sistem Informasi. Ketebak pilih apa ? Iya dong.. Langsung isi pilihan Sistem Informasi sebagai prioritas dan engga mengisi opsional *tekad disini* . Selain itu juga mempelajari kebutuhan manusia di masa yang akan datang yang haus informasi ^.~

Sekarang saya telah semester 6 dan merasakan perkembangan yang ada di kampus ini. Sudah tersedia Gedung Serba Guna yang luas, Gedung Olahraga, Laboratorium semakin lengkap dan canggih (available pc Mac dan upgrade beberapa lab jaringan dan elektro), Auditorium yang semakin keren,  dan upgrade ruangan kelas. Saya tidak menyesal memilih kampus ini, memang biaya kuliah mahal namun itu sebanding dengan fasilitas yang kita dapatkan disini 😊. Dosen yang mudah ditemui di ruangan, kantin yang bersih, halaman yang asri, sejuk dan berwarna-warni, staf-staf yang ramah, wifi 24 jam, ohh sekarang tersedia  ruangan gym buat para civitas kampus (staf, dosen, jenitor, satpam dan mahasiswa).
Gedung Serba Guna PCR tampak depan and that's the pic when i take my friends with my smartphone

Kampus PCR yang hijau dan asri

Ruangan gym *sorry for my selfie ;(

Nah itu dia sekilas cerita singkat saya memilih berkuliah di kampus ini (cerita ala anak sd di depan kelas) 😆
Jangan sungkan untuk bertanya, selama bertanya itu masih gratis 😊 . 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

User Interface pada Xamarin Form

Application Lifecycle pada Xamarin Forms  Xamarin Forms mempunyai application lifecycle yang sederhana. Ada tiga method utama yang digunakan untuk menangani method lifecycle, ketiga proses tersebut adalah:  OnStart : method ini akan dipanggil ketika aplikasi pertama kali dijalankan.  OnSleep : method ini akan dipanggil setiap kali app berpindah ke mode background  OnResume : method ini akan dipanggil ketika app masuk ke mode resume setelah sebelumnya masuk ke mode background.  Ketika pengguna memilih tombol Back atau Home pada ponsel, maka aplikasi yang sedang aktif pada saat itu akan masuk ke mode background. Ketika pengguna memilih kembali aplikasi tersebut, maka app tersebut di resume dan app tersebut dibawa kembali ke mode foreground. Saat ketika aplikasi dijalankan pertama kali, saat app masuk ke mode background dan masuk ke mode foreground lagi, sampai app tersebut ditutup (terminate).  Xamarin Forms UI (User Interface)  Ada tiga komponen ut

SQL Lite dan REST Service

Pada modul ini akan dibahas bagaimana bekerja dengan media penyimpanan lokal berupa database yaitu SQL Lite untuk menyimpan persistance data pada perangkat Android. Modul ini juga akan membahas bagaimana cara untuk bekerja dengan REST Services pada aplikasi backend.   Bekerja dengan SQL Lite Pada subbab berikut akan dibahas bagaimana cara untuk menyimpan data secara lokal menggunakan database SQLite. Contoh aplikasi yang akan dibuat adalah aplikasi untuk menyimpan dan memanipulasi data Pegawai.  Practice #5.1 Membuat Aplikasi Daftar Pegawai dengan SQLite 1. Buat Xamarin Form solution dengan nama  SampleSQLite .   2. Kemudian tambahkan library  SQLite.Net-PCL  pada semua project agar dapat menggunakan SQLite.  3. Klik kanan pada  solution 'SampleSQLite' . Kemudian pilih  NuGET  package dan tambahkan paket  SQLite.Net-PCL  pada project portable, dan droid.    4. Pada project portable  SampleSQLite  tambahkan kode c# berikut untuk membuat ob